Selasa, 05 Maret 2019

VirtualBox Sebagai Tools Virtualisasi


Hai Semua kali ini kita akan membahas tentang Virtualbox sebagai Tools untuk Virtualisasi.
Sebelum mulai, kita bahas terlebih dahulu apa itu virtualisasi dan apa itu virtualbox.
Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.
Dalam ilmu komputer, virtualisasi (bahasa Inggris: Virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.
Sedangkan Oracle VM VirtualBox (sering disebut VirtualBox) adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Dengan Virtualbox ini, kita bisa install sistem operasi lain tanpa harus menginstall pada seluruh harddisk yang ada pada sebuah komputer/laptop. Dengan Virtualbox, kita bisa install sistem operasi jadul (jaman dulu) seperti Windows XP, Win 98, dll.
Untuk resource (sumber daya) Virtualbox, ini akan mengambil dari mesin utama komputer sehingga penggunaan resource terlalu besar juga akan berdampak pada sistem operasi utama yang akan menjadi berat.
Virtualbox pada Windows


Untuk apa VirtualBox?
Virtualbox digunakan untuk virtualisasi seperti install sistem operasi linux untuk latihan, maupun membuat server untuk digunakan kegiatan sehari-hari. Jika tidak menggunakan virtualisasi mungkin kita membutuhkan 3 server, namun dengan virtualisasi ini kita bisa gunakan hanya 1 server saja namun dengan resource yang lebih besar tentunya agar aktivitas server tidak terlalu berat.

Tools Virtualisasi selain Virtualbox?
Selain Virtualbox ada tools lain untuk virtualisasi seperti VM Ware, Virtualiztic, Xen, Lguest, Docker, LXC, Proxmox dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar yang baik dan membangun
dan jangan spam (^.^)

Banyak Dibaca