Kamis, 07 Maret 2019

Mengenal Simbol Pada Jaringan Komputer

Pada kali kita akan membahas tentang simbol-simbol pada jarigan komputer. Mari kita mulai saja.

1. Cloud
Cloud atau Awan merupakan simbol untuk jaringan komnputer yang luas dan lebih dikenal dengan istilah Internet. Jadi jika ada cloud (awan) itu artinya jaringan tersebut terhubung ke Internet.
Cloud adalah simbol untuk Internet


2. Router
Router merupakan perangkat pada jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 jaringan atau lebih dan merupakan perangkat yang berfungsi untuk merutekan paket data pada jaringan komputer.
Router
Router disimbolkan dengan tabung kecil dengan 2 panah menunjuk kedalam dan 2 panah menunjuk keluar.
Walau simbolnya tabung, tidak berarti router berbentuk tabung, melainkan berbentuk kotak seperti switch atau perangkat lainnya.
contoh perangkat router
3. Switch
Switch merupakan perangkat pada jaringan komputer yang menghubungkan perangakat-perangkat secara fisik. Contoh menghubungkan PC/Laptop pada sebuah lab.
Switch Disimbolkan dengan bentuk kotak dan ada 4 panah menuju keluar, 2 ke kanan dan 2 ke kiri.
Simbol Switch
Switch memiliki lubang colokan untuk konektor RJ45 yang disebut Port, switch ada yang memiliki 5 Port, 8 Port, 16 Port, 24 Port, 32 Port, 48 Port dan saat ini ada juga yang memiliki 64 Port.
contoh perangkat Switch

4. Hub
Hub merupakan perangkat pada jaringan komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat-perangkat jaringan secara fisik. Sama seperti Switch namun yang membedakan adalah cara kerja kedua perangkat tersebut.
Simbol Hub
Hub Disimbolkan bentuk kotak dan ada yang 1 garis maupun 2 garis berlawanan.

5. Multilayer Switch
Sama seperti switch pada umumnya, switch multilayer memiliki port dan berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan yang lainnya. Namun perbedaan dengan multilayer switch adalah kemampuan switch ini yang lebih tinggi daripada switch pada umumnya.
Simbol dari switch ini sama kotak namun agak besar dan memiliki panah ke-delapan arah mata angin.

6. Copper Straight-Through
Lebih dikenal dengan kabel Straight atau lurus adalah koneksi antar perangkat jaringan dengan koneksi kabel straight. Simbol kabel ini adalah garis lurus tanpa terputus.
Straight-Through
7. Copper Cross-Over
Lebih dikenal dengan kabel Cross atau menyilang adalah koneksi antar perangkat jaringan dengan menggunakan kabel Cross-over. Kabel ini biasa digunakan oleh perangkat sejenis seperti switch ke switch, PC ke PC atau Router ke PC.
Simbol dengan Garis Putus-putus

Simbol dari kabel ini adalah garis putus-putus.

Sekian dulu pembahasan kali ini, untuk simbol lainnya nanti kita bahas pada tulisan berikutnya.
 Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar yang baik dan membangun
dan jangan spam (^.^)

Banyak Dibaca